Silabus PDF Print E-mail
Written by admin   
Tuesday, 18 October 2011 02:21

Deskripsi Matakuliah

KMA 101 Konsep Teknologi, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang : Sistem dan model, proses desain, proses pengembalian keputusan, tahap-tahap pengambilan keputusan, program linier; pengertian teknologi, strategi pengembangan teknologi, perencanaan aspek teknologi, bentuk aplikasi teknologi, kecerdasan teknologi, seleksi teknologi, waktu dan pengenalan terhadap teknologi baru, evaluasi seleksi proyek, alokasi sumberdaya dan kontrol , dan pengorganisasian teknologi dan infranstruktur manufaktur.

KMA 103 Proses Industri Kimia, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang : Sejarah perkembangan teknik kimia dan industri kimia di Indonesia secara umum, pengenalan berbagai proses dalamindustri kimia yang meliputi proses dalam industri petrokimia, kretas, pupuk, gula, semen dan industri logam selain itu juga mempelajarai berbagai jenis peralatan proses dalam industri kimia yang tercakup di dalamnya secara umum, baik untuk penaganan zat padat, cairan maupun gas atau penanganan campuran antar fasa tersebut. Mempelajari cara kerja alat dan mengetahui makna tiap item dari spesifikasi alat yang dimaksud.

KMA 107 Teknik Penulisan Illmiah, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang: Cara Penulis suatu tulisan ilmiah berupa laporan percobaan, laporan penelitian, artikel ilmiah, usulan penelitian, dan tulisan tulisan ilmiah lainnya. Materi kuliah meliputi : Hakikat dan ragam tulisan ilmiah, kerangka artikel ilmiah, penggunaan ilustrasi, perangkuman artikel, aturan tata tulis Unila, pengacuan sumber tulisan, dan prosentasi data.

KMA 207 Termodinamika Teknik Kimia I, 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang: Pengantar umum termodinamika,hukum termodinamika I,perilaku PVT bahan murni, efek panas, hukum termodinamika II dan III, hubungan antar property, aplikasi termodinamika pada fluida kompressibel dan konversi energi.

KMA 221 Neraca Massa dan Energi , 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang: Neraca Masssa dan neraca energi proses kimia Materi Kuliah meliputi : Analisis neraca massa rangkaian sistem–sistem pemroses, metode penyelesaian melalui jalur neraca unsure, neraca zat maupun neraca inert, perhitungan neracda massa system- sistem yang melibatkan penggurah (purging), daur ulang, by pass, rekasi kimiadan pemisahanan fisik, perhitungan neraca yang terkait dengan neraca nassa daru rangkaian sistem-sistem pemroses, perhitungan peruban energi pada proses-proses

Kimia, pada perubahan fasa pada pencapuran, pada pembakaran, pada evaporasi, pada humidifikasi, dan pada pengeringan; perhitungan perubahan temperature proses akibat perubahan energi.

KMA 222 Aplikasi Komputer dalam teknik Kimia, 2 sks. W

Matakuliah inimembahas tentang : Dasar penyusunan algoritma perhitungan dan konsep logika matematika, dasar penggunaan berbagai perangkat lunak yang sering digunakan dalam menyelesaikan permasalahan sistemproses kimia. Perangkat lunak yang dipelajari meliputi perangkat lunak berbasis, paket matematika seperti MATLAB/Simulik, perangkat lunak berbasis lembar kerja seperti MS excel dan perangkat lunak keteknikmiaan yang digunakan sebagai proses simulator seperti ChemCAD, HYSYS, atau Aspen Plus.

KMA 223 Matematika Teknik Kimia, 3 sks W

Matakulia ini membahas tentang: Penyelesaian berbasis jenis persamaan Diferensial yang sering ditemui di teknik Kimia, baikOrdiner maupun Parsial untuk kasus Initial Value Problem (IVP) dan Boundary Balue Problem (BVP) secara Analitis. Pambahasan juga meliputi konsep dasar transformasi Laplace dan aplikasinya dalam menyelesaikan persamaan diferensial.

KMA 224 Transfer Momentum, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang : Fluida Statis dan Gaya Apung (buoyancy), Prinsip keseimbangan Makroskopik untuk Momentum, Viscositas Fluida, Fluida Newton dan Non-Newtonia,Jenis AliranFluida dan Bilangan Reynold, Distribusi Kecepatan pada Aliran Laminar,Persamaan Desain untuk Aliran Laminar dan Turbulen pada Pipa, Aliran Turbulen, Perindahan Momentum pada interface, Analisa Dimesi untuk perpindahan momentum.

KMA 225 Operasi Teknik Kimia I, 3 sks,W

Matakuliah ini membahas tentang : Berbagai satuan operasi Teknik Kimia yang meliputi penentuan kondisi operasi untuk mencapai spesifkasi produk yang didinginkan, dan pemilihan alat yang paling sesuai.Materi kuliah meliputi proses pencapuran, fitrasi, sedimentasi termasuk flokulasi, koagulasi dan elektrokoagulasi,adsorpsi dan fluidisasi.

KMA 226 Mikrobiologi Industri 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang : Pengertian, lingkup da peran mikrobiologi serta hubunganya dengan disiplin ilmu lain, termasuk indstri, pengertian dasar mengenal sifat Dan peran mikroba dalam teknologi bioproses, tatanama dan klasifikasi mikroba, tinjauan umum tentang mikroba yang banyak berperan dalam industri bioproses, bakteri, Actinomycetes, ragi, jamur, virus, dan alga, pertumbuhan mikroba,: tipe, cara pengukuran dan penafsirannya, factor-faktor yang berpengruh dan penafsiran nya, struktur sel mikroba Prokaryotik dan eukaryotic, isolasi kultur murni mikroba.

KMA 211 Termodinamika Teknik Kimia II, 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang : Properti property termodinamika campuran fluida danaplikasinya pada keseimbangan uap-cair dan proses pencapuran, pengolahan data dan metode perkiraan keseimbangan uap-cair untuk system tekananren dah dan tekanan moderat, aplikasi persamaan keadaan khususnya untuk perhitungan kesetimbangan uap-cair,keseimbangan dan stabilisasi dikatikan dengan keseimbangan cair –cair dan kesetimbangan kimia, kesetimbangan analisa prosese nyata.

KMA 231 Dimensi dan Satuan, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang: berbagai dimensi dansatuan,an analisis dimen si dan similarities untuk scaling-up plasticnya.

KMA 232 Bahan Konstrusi Tektrink Kimia, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; mengenal dan mengidentifikasi sifat berbagai bahan konstruksi alat industri kimia meliputi logam , plastik, polimer dan paduan logam; serta mempelajari efek yang ditimbulkan akibat beban dan perlakuan panas; memilih bahan konstruksi yang sesuai dengan karakteristik proses dan bahan kimia di dalamnya serta kondisi oprasinya .

KMA 216 Analisa dan Komputasi Numeris, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang;analisa metode-metode numeris,menyusun algoritma perhitungan penerapan komputasinya menggunakan computer,meliputi animasi / maksimasi fungsi ,evaluasi tetapan empiris ,penyelesaian system persamaan linear , mencari persamaan non-linear, integrasi numeris, penyelesaian persamaan diferensial ordiner ( baik IVP maupun BVP ) dan penyelesaian persamaan diferensial parsial.

KMA 212 Transfer Massa dan Panas , 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; perpindahan massa dan difusi; difusi molecular gas, difusi molecular liquida; difusi molecular padat; difusi gas pada padatan berpori dan kapiler;difusi molekulardan konveksi disertai reaksi kimia; koefisisenperpindahan massa konveksi; analisa dimensi pada transfer massa ;metode numerik difusi molecular keadaan steady dua dimensi;perpindahan massa keadaan tidak steady ; metode numeric difusi molekular keadaan tidak steady;aliran boundary-layer dan turbulensi pada transfer massa.

Mekanisme perpindahan panas; perpindahan panas konduksi keadaan steady; perpindahan panas konduksi keadaan tidak steady ; perpindahan panas konduksi dua dimensi ;perpindahan panas konveksi bebas ; perpindahan panas konveksi paksaan ; perpindahan pada berbagai geometri pada konveksi paksaan; perpindahan panas radiasi ;perpindahan panas total / gabungan; perpindahan panas yang disertai perubahan fasa ; alat perpindahan panas.

KMA 214 Operasi Teknik Kimia II, 3 sks

Matakuliah ini membahas tentang; berbagai satuan operasi Teknik Kimia yang meliputi penentuan kondisi oprasi untuk mencapai spesifikasiproduk yang yang di inginkan.,dan pemilihan alat yang paling sesuai.. Materi kuliah meliputi; proses pemisahan bertingkat (distilasi, absorpsi, ekstrasi/leaching), humidifikasi, kristalisasi, evaporasi, dan pengeringan.

KMA 234 Pratikum Oprasi Teknik Kimia I, 2 sks,W

Melaksanakan pratikum intruksional yang menekankan tentang eksperimen mengenai unit oprasi teknik kimia. Dibutuhkan pemahaman khusus tentang bahan- bahan kimia yang akan digunakan pada masing- masing , topic pratikum , dan diadakan response untuk pemahaman topic ,langkah- langkah pratikum , perolehan datan dan menganalisanya . Materi meliputi; aliran fluida , distilasi batch, filtrasi, sedimentasi, fluidisasi dan mixing.

KMA 235 Penangan an dan Pemerosesan Zat Padat , 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang; berbagai satuan oprasi Teknik Kimia yang meliputi penentuan kondsisi oprasi untuk mencapai spesifikasi prodak yang di inginkan , dan pemilihan alat yang paling sesuai , khusus pada satuan oprasi yang menagani zat padat. Materi kuliah meliputi; pengecilan ukuran seperti pada crusher dan millis; alat transportasi padatan seperti belt, bucket , pneumatic dan screw conveyor dan proses pada cyclone , proses pada rotary drier dan sentrifugasi.

KMA 306 Perancangan Alat Penukar Panas , 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; evaluasi dan perancangan berbagai macam alat penukar panas yang digunakan di industri kimia . Materi kuliah meliputi ; berbagai jenis HE (DPHE, Shell & Tubes, Plate &Frames, Extended Surfaces ); berbagai jenis baffle, head dan jenis Shell & Tubes seperti Reboiler, Cooler, Evaporator; berbagai devinisi temperator; evaluasi dan perancangan Double Pipes, Extended Surfaces dan Shell & Tubes HE.

KMA 305 Perancangan Alat Proses , 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; perancangan peralatan yang dibutuhkan untuk menangani proses yang diinginkan . Alat proses yang di inginkan haruslah memenuhi kriteris-kriteris kelayakannya akan tugas tersebut, seperti penggunaan material yang tepat, kemampuannya untuk bertahan pada stress dan elastic stability, harga yang ekonomis , dan penampilan estetis hingga di capai kesimpulan berupa engineering judgement bahwa alat yang di rancang akan mampu melaksanakan tuigas yang akan bebankan . Pembahasan meliputi system perpipaan , bejana pencampuran, Pressure Vessel ( bejana tekan ) , tangkim penyimpanan , proses-proses separasi , dan perancangan kolom , khususnya perancangan packed dan tray tower.

KMA 321 Optimisasi Proses , 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang; Permasalahan system proses kimia yang menimbulkan peluang dilakukannya optimisasi, bagaimana memfomulasi permasalahan optimisasi tersebut dan bagaimana langkah-langkah menyelesaikan permasalahan sehingga diperoleh kondisi yang paling menguntungkan ( optimal ). Permasalahan optimisasi proses kimi ini meliputi optimisasi fungsi-fungsi tanpa batasan ( unconstraint functions) , pemrograman linear, pemrograman non-linear dan pemrogaman diskrit – campuran pada berbagai area system proses kimia. Dibahas juga bagaimana penyelesaian komputasinya menggunakan computer .

KMA 322 Pemodelan dan Simulasi Proses Kimia, 3 sks, W

Matkuliah ini membahas tentang ; cara-cara memformulasikan problem fisis dan kimia yang ada di teknik kimia yang berlangsung di dalam berbagai alat proses ke dalam persamaan- persamanan matematis dengan pendekatan fundamental yang terrangkum dalam chemical engineering tools dan hukum-hukum alam lainnya . Pembahasan juga meliputi cara-cara membuat simulasi computer sederhana dari model matematis yang telah diformulasikan untuk mempelajari pengaruh suatu variable terhadap variable lain (parameter sensitivity dan what-if analysis ).

KMA 307 Elektronika dan Instrumentasi, 2 sks, W

Matkuliah ini membahas tentang;

  1. Struktur elektronika daya, pengubah daya statis , dioda , penyearah terkendali , operasi seri dan paralel , kendali tegangan dan inverter, dan
  2. Dasar-dasar analisa kimia dengan menggunakan instrumentasi seperti GC, AAS, GC ? MS, dan lain sebagainya.

KMA 323 Pratikum Oprasi Teknik Kimia II , 2 SKS , W

Melaksanakan pratikum intruksional tentang unit oprasi teknik kimia . Dibutuhkan pemahaman khusus tentang bahan bahan kimia yang akan digunakan pada masing-masing topic pratikum, dan diadakan responsi untuk pemahaman topic, langkah-langkah pratikum, perolehan data dan menganalisanya . Materi meliputi; heat exchanger, ekstraksi cair-cair , absorpsi, pengeringan, humidifikasi dan evaporasi.

KMA 324 Kinetika dan Perancangan Reaktor I , 3 sks , W

Matakuliah ini membahas tentang; konsep-konsep dasar kinetika kimia dan perancangan reaktor pada system homogen , pembahasan meliputi definisi dan konsep dasar reaksi kimia, persamaan reaksi dan persamaan stoikiometri, laju reaksi dan persamaan laju reaksi, persamaan Arrhenius, hubungan antara kinetika dan termodinamika reaksi , konsep reaksi elementer order reaksi dan mekanisme reaksi , karakter dasar reaktor ideal , perhitungan perancangan reaktor batch, PFR dan CSTR pada kondisi isothermal, penentuan suhu optimal pada reaktor isoternal , perhitungan perancangan reaktor batch, PFR dan CSTR pada kondisi non-isotermal, interpretasi data percobaan pada reaktor batch.

KMA 331 Teknologi Pembuangan Industri, 2 sks , W

Matakuliah ini membahas tentang ; pentingnya pengolahan buangan industri, berbagai teknologi pengolahan buangan industri untuk zat padat, gas, dan cair, berbagai alat pengolah buangan industri. Selain itu juga di bahas pengetahuan tentang AMDAL, dan ANDAL.

KMA 332 Gambar Teknik, 2 sks , W

Matakuliah ini membahas tentang; teknik menggambar dua dan tiga dimensi dalam perekayasaan teknik kimia meliputi alat gambar, jenis dan arti garis, huruf dan angka system proyeksi, pandangan dan potongan dari suatu alat proses dan maket pabrik. .Materi meliputi; Geometri 2 dan 3 dimensi , proyeksi , gambar detil, ulir dan elemen standar , double pipe dan detailnya , tube bundle dalam shel and tube HE, small vessel dan penyangganya, cylindrical vessel dan attachmentnya, large vessel dan attachmentnya, hemispherical vassel, tall vertical vessel dan attachmentnya , flowshetting, dalam Teknik Kimia Unila dan Standar Internasional.

KMA 333 Utilitas dan Penggerak Mula , 2 sks , W

Matakuliah ini membahas tentang; macam-macam turbin , cara kerja dan pemakaiannya;

Pengetahuan dasar listrik , suplai kebutuhan listrik pabrik ,jaringan dan pengamanannya, energiy saving, transmisi dan transformer, generator dan motor listrik tiga fase, kebutuhan penerangan ; motor baker torak ( diesel ) ; combined cyele dan kogenerasi; utilitas di industri kimia, sumber-sumber air baku dan sifat-sifatnya, dasar-dasar pengolahan air untuk utilitas, system air pendingin untuk industri , pengantar penyediaan uap air / steam,system air boiler dan system penyediaan air proses.

KMA 314 Pengendalian Proses, 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; Review Transformasi Laplace, fungsi alih dan respons system kalang terbuka , eknik dasar pengendalian kalang ,tertutup,pengenalan alat pengatur dan alat pengendali, diagram kalang tertutup , stabilitas , metode dan perancangan respons frekuensi, strategi pengendalian yang kompleks

KMA 315 Metodologi Penelitian, 2 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, prinsip-prinsip meneliti, cara penulisan usulan penelitian , metodologi penelitian yang mencakup rancangan percobaan , prosedur percobaan , analisis sample dan pengolahan data penelitian atau analisi hasil penelitian.

KMA 312 Ekonomi Teknik, 2 sks, W

Matkuliah ini membahas tentang; peranan aspek ekonomi dalam perencanan dan perancangan pabrik kimia ,. Pembahasan meliputi capital cost estimation, manufacturing cost estimation, time volue of money dan profitability ( cash flow ) analysis.

KMA 334 Perencanaan dan Perancangan Sistem Proses, 4 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; perumusan perosoalan rancangan pabrik, lingkup dan tujuannya , penyusunan flowsheet; pemilihan lokasi pabrik ; penyusunan deskripsi proses, diagram alir proses, neraca massa dan neraca energi; pemilihan dan penentuan dimensi alat utama ; pemilihan bahan kontruksi; plot plan tata letak peralatan ; dan cara penulisan laporan rancangan pabrik. Materi meliputi; pemilihan proses fasa awal, pengembangan flowsheet berdasarkan proses yang telah di pilih, pertimbangan pemilihan lokasi pabrik dan tata letak peralatan , luas pabrik dan perpipaan yang di butuhkan, prosedur start-up dan shut-down, penggunaan alat-alat safety baik oleh proses ataupun oleh peralatan.

KMA 335 Kinetika dan Perancangan Reaktor II, 3 sks, W

Matakuliah ini membahas tentang ; konsep-konsep dasar kinetika kimia dan perancangan reaktor pada system heterogen. Konsep dasar kinetika membahas fenomena fisis dan penurunan lajur reaksi overall pada berbagai jenis reaksi system heterogen yang meliputi reaksi katalitik dengan katalis padat, reaksi non – katalitik fluida- padatan, reaksi non –katalitik gas- cair dan reaksi gas- cair padatan serta reaksi enzimatis. Perancangan reaktor membahas fenomena fisis, karakteristik aliran fluida dan perhitungan pada perancangan berbagai jenis reaktor system heterogen yang meliputi fixed bed reactor, fluidized bed reactor , bubble reactor, slurry reactor dan trickle bed reactor serta bioreactor.

KMA 406 Etika Profesi, 2 sks , W

Matakuliah ini membahas tentng ; prinsip-prinsip dasar etika profesi dan sikap mental seorang sarjana teknik kimia . Materi kuliah meliputi; sikap mental seorang sarjana teknik kimia, berbagai asosiasi profesi Teknik Kimia dan prinsip-prinsip dasar profesi, keselamatan kerja , dan hokum perburuhan.

KMA 404 Penelitian , 3 sks, W

Tugas mandiri atau kelompok yang bertujuan meneliti kemungkinan temuan baru yang menyangkut barang jadi, pengembangan model matematis terhadap suatu proses fisika dan kimia, menciptakan dan membuat suatu unit oprasi atau proses, kemudian mengoprasikannya untuk diambil kesimpulan terhadap produk.

KMA 415 Kerja Praktek, 3 sks, W

Melaksanakan kerja praktek disuatu pabrik kimia selama 1 hingga 2 bulan dengan tujuan; mengenal keadan pabrik secara keseluruhan ; memahami struktur , system dan karakteristik unit-unit proses yang ada di dalam pabrik; dan menganalisis salah satu unit proses sebagai tugas khusus .

 

 

 

Last Updated on Monday, 09 January 2012 19:08
 

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow

GALLERY FOTO

Vinaora Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday4
mod_vvisit_counterYesterday36
mod_vvisit_counterThis week4
mod_vvisit_counterLast week152
mod_vvisit_counterThis month448
mod_vvisit_counterLast month592
mod_vvisit_counterAll214310

Online (20 minutes ago): 2
Your IP: 54.81.197.127
,
Now is: 2017-09-24 08:11
Content View Hits : 151479