Tekim Unila rintis Kerjasama PDF Print E-mail
Written by admin   
Monday, 18 June 2012 15:42

Mulai tahun 2012 ini Jurusan Teknik Kimia Unila merintis kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanggamus dan PT. Natarang Mining. Sebagai tahap awal kerjasama, Teknik Kimia Unila dipercaya sebagai salah satu penerima dana CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. Nataram Mining yang disalurkan melalui Pemda Tanggamus untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemberdayaan masyarakat petani gula aren di daerah Ulubelu, Tanggamus.

Penyerahan dana dilakukan langsung oleh Bupati Tanggamus, H. Bambang Kurniawan, S.T. didampingi Ir. Ivan Bakar yang mewakili Ir. Heryansjah (Direktur PT. Natarang Mining) bertempat di rumah dinas bupati, 11 Juni 2012 lalu.

Hadir pula pada acara tersebut kepala Bappeda Tanggamus, H. Ir. Herman Hermawan, M.M. Sementara dari Teknik Kimia Unila hadir tim pengabdian yang terdiri sejumlah mahasiswa antara lain Ardi Kristianto dan Ricky Alexander dan perwakilan dosen terdiri Heri Rustamaji, S.T., M.Eng. dan Darmansyah, S.T., M.T.

Kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan satu tahun kedepan ini berawal dari eksplorasi dan pendataan potensi dan sumber daya alam dan masyarakat di daerah tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Kimia di pekon Ngarip, Ulu Belu-Tanggamus dimana di daerah tersebut terdapat beberapa kelompok petani gula aren yang masih menggunakan teknologi konvensional dalam melakukan aktifitas produksinya dan kualitas produk yang dihasilkan belum seragam sehingga harga jual masih rendah dan belum mampu meningkatkan pendapatan petani secara signifikan. Hasil dikusi di jurusan terhadap permasalahan di atas akhirnya tersusun proposal pengabdian dan dipresentasikan di Bappeda Tanggamus yang pada akhirnya disetujui untuk dilaksanakan.

Kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan kedepan berupa penyuluhan, pelatihan desain produk dan proses produksi gula semut serta aspek pemasarannya. Selain itu, dari dana CSR ini kami menargetkan terbentuknya alat penepung untuk memproduksi gula semut dengan kualitas yang baik yang akan diperuntukkan untuk masyarakat petani gula aren di sana.

 

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
Joomla! Slideshow

GALLERY FOTO

Vinaora Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday10
mod_vvisit_counterYesterday13
mod_vvisit_counterThis week118
mod_vvisit_counterLast week82
mod_vvisit_counterThis month272
mod_vvisit_counterLast month828
mod_vvisit_counterAll215469

Online (20 minutes ago): 2
Your IP: 54.167.253.186
,
Now is: 2017-11-18 18:53
Content View Hits : 153362